>>> Salju Putih

Kamis, 01 Desember 2011

cara membuat gitar listrik

    sebenarnya aku kurang tau juga sih dengan yang namanya gitar listrik.aku baru beberapa kali aja megangnya nih,tapi dari awal mengenalnya itu aku dah tertarik nih sama yang namanya gitar listrik.untuk itu aku penasaran gan,gimana kalo coba-coba buat gitar listrik sendiri,makanya sekalian juga aku bagi tutorial ini untuk kiya semua.hehehe...
gak mau panjang lebar yah,alias langsung aja aku bagi infonya..
Gitar elektrik terdiri dari beberapa bagian, diantaranya:
  • Body Gitar
  • Neck (leher atau stang)
  • Headstok(kepala gitar)
  • pick-up
1.Body Gitar
Body gitar atau badan gitar merupakan bagian yang paling lebar dan paling luas pada gitar.badan gitar ni terbuat dari berbagai jenis kayu.ni akan aku kasi beberapa contohnya ya. 
a.Mahogany
Kayu jenis ini memiliki bobot yang lumayan berat namun ideal digunakan sebagai bahan dasar pembuatan body gitar karena dari kayu jenis ini suara gitar lebih baik, attack yang mantap dan suara gitar lebih tajam. 
b.Maple
Kayu jenis ini memiliki countour yang lembut dan indah. Sound yang dihasilkan cukup bright dengan attack yang bervariasi. kayu jenis ini banyak digunakan karena coraknya yang indah, sehingga kadang gitar dari kayu jenis ini hanya difinishing natural tanpa cat.
      

2.neck(leher)
Yang satu ini biasanya kita sapa"stang" atau leher gitar tempat biasanya tangan kiri kita "bekerja". Stang ini juga dibuat menggunakan jenis kayu tertentu yang memiliki karakteristik tertentu pula.





3.head stock
headstock atau kepala gitar ini biasanya dipakai oleh para produsen gitar untuk memberikan ciri pada gitar produksinya. tetapi disamping itu juga headstok ini katanya (beberapa gitaris handal sekelas paul gilbert) mengatakan bahwa konstruksi, kemiringan dan peletakan dryer memberikan pengaruh terhadap panjang sustainnya, oleh karena itu terkadang banyak gitaris yang headstok gitarnya dibuat terbalik dengan asumsi semakin panjang senar maka semakin bagus sustainnya.






4.pick up
pick up untuk menghasilkan suara pada gitar.













4 komentar:

  1. Mas mau nanya kl blh th ukuran untk neck dr letak fred k boy brp ya mas.trus jrk antara fred k fred lain brp mas mohon bantuan nya mas

    BalasHapus
  2. iseng jawab:
    Klo yg dmaksud itu scale (jarak nut ke bridge), biasanya 24-25.5", klo pjg necknya trgantung (scale dan jumlah fret)..
    Jarak fret k fret bisa pke 'kalkulator' kyk disini:
    www.stewmac.com/freeinfo/Fretting/i-fretcalc.html

    BalasHapus